Perceraian

Cara Mengurus Surat Cerai dengan Cepat dan Mudah

Sebagaimana sahabat ketahui bahwa proses perceraian di Pengadilan itu tidaklah mudah. Hari ini daftar, selesai sidangnya bisa satu hingga enam bulan kemudian dan itupun belum tentu dikabulkan. Jika dikabulkan pun masih harus menunggu keputusan tersebut berkekuatan hukum tetap dan seterusnya-seterusnya sampai akte cerainya jadi dan bisa diambil. Hal ini tentu menjadi tidak efektif mengingat semakin lama prosesnya, semakin banyak pula waktu dan tenaga serta biaya yang harus dikorbankan. Oleh karena itu tak heran jika banyak orang yang mencari cara mengurus surat cerai dengan cepat.

Cara Mengurus Surat Cerai dengan Cepat

 

Perlu difahami bahwa cepat atau lamanya proses perceraian di Pengadilan itu bergantung pada kasus perceraiannya itu sendiri. Tidak ada istilah jalur belakang atau apa yang bisa mempercepat proses perceraian karena Pengadilan diharuskan mengikuti hukum acara yang berlaku. Satu-satunya cara supaya bisa mempercepat prosesnya adalah dengan mempelajari hukum acaranya itu sendiri, sehingga sahabat bisa memanfaatkannya untuk meminimalisir lamanya proses perceraian.

Cara Mengurus Surat Cerai Tanpa Sidang

Tips Cara Mengurus Surat Cerai dengan Cepat

  1. Sepakat Bercerai
    Point pertama dan paling utama supaya bisa bercerai dengan cepat adalah adanya kesepakatan antara suami dan istri. Artinya keduanya memang sama-sama ingin bercerai. Dengan adanya kesepakatan, maka sahabat akan lebih mudah mengatur-ngatur tergugat misalnya supaya tergugat tidak perlu menuntut macam-macam, tidak perlu menghadiri sidang, tidak perlu banding/verzet dan sebagainya.Jika point pertama ini tidak terjadi, maka sudah dapat dipastikan urusannya akan jadi panjang. Itu karena saat di Pengadilan nanti, tergugat akan membela diri (melawan) bahkan menuntut balik (misal menuntut nafkah iddah dan mut’ah). Selain itu, dengan kondisi tidak sepakat bercerai seperti itu juga akan memungkinkan adanya Banding, Kasasi dan seterusnya yang malah makin memperparah proses perceraian itu menjadi lebih lama lagi.
  2. Cek Alamat Tergugat dengan Benar
    Jangan pernah meremehkan alamat tergugat yang dituliskan dalam surat gugatan cerai. Alamat tersebut akan digunakan Pengadilan untuk mengirimkan surat panggilan sidang kepada tergugat. Jika suratnya tidak sampai ke tergugat karena kesalahan penulisan alamat atau alamatnya tidak jelas, maka hal tersebut akan dapat mempengaruhi proses persidangan nantinya. Maka dari itu, pastikan alamat tergugat benar sejak awal mendaftarkan gugatan di Pengadilan.
  3. Tinggal di Satu Kota
    Tahukah sahabat bahwa jika suami istri tinggal di kota yang berbeda bisa mengakibatkan proses perceraiannya lebih lama?. Itu karena jurusita Pengadilan di tempat penggugat tidak bisa langsung melaksanakan tugasnya di wilayah Pengadilan tergugat, sehingga perlu proses pelimpahan terlebih dahulu. Tugas jurusita yang dimaksud seperti memanggil tergugat, menyampaikan pemberitahuan putusan dan sebagainya.
  4. Menghadiri Sidang
    Penggugat jangan sering bolos sidang kalau tidak mau sidangnya terus ditunda atau bahkan digugurkan hakim. Semakin sering sidang ditunda, semakin lama prosesnya. Yang berbahaya jika sampai perkaranya digugurkan hakim dan mengakibatkan sahabat harus mendaftar ulang lagi dari awal.
  5. Maksimalkan Pembuktian
    Sekurangnya 2 orang saksi harus disiapkan saat sidang pembuktian supaya ada kemungkinan gugatan cerai bisa dikabulkan hakim. Tentu jika ada bukti-bukti lain juga sangat disarankan untuk disertakan. Namun, jika ternyata saksi saja tidak ada, bukti lain juga tidak ada, jangan harap perceraiannya akan dikabulkan hakim. Meskipun memang betul jika gugatan ditolak hakim, sahabat masih bisa banding, kasasi atau bahkan mengajukan ulang, tapi itu akan memakan waktu lagi kan?

Demikilah beberapa tips untuk mempercepat proses perceraian di Pengadilan. Semua tips diatas ditujukan bagi suami atau istri yang ingin mengajukan cerai tanpa Pengacara. Jika sahabat ingin menggunakan pengacara, tentu tips seperti menghadiri setiap sidang itu tidak lagi relevan karena sudah ada pengacara yang mewakili.

Bagaimana cara mengurus surat cerai dengan cepat?

Capailah kesepkatan dengan tergugat sebelum mengajukan cerai ke Pengadilan. Kesepakatan dengan tergugat yang membuat tergugat tidak melawan dan tidak datang ke Pengadilan bisa mempercepat proses perceraian.

Apa saja proses cerai cepat itu?

Proses perceraian di Pengadilan sebenarnya sama saja. Hanya jika tergugatnya tidak melawan dan tidak datang ke Pengadilan setelah tergugat menerima surat panggilan, persidangan bisa dilanjutkan tanpa tergugat. Akibatnya, agenda dan jumlah sidang jadi sedikit.

Leave a Comment